karakter building / pembentukan watak

Perkembangan watak adalah wujud dari perkembangan spiritual anda. Watak adalah wujud dari tingkat hubungan dengan jiwa. Bila anda kehilangan keseimbangan , hubungan anda dan jiwa luhur anda menjadi minimal dan melemah. Karaker yang melemah mencerminkan kelemahan jiwa. Bila hubungan dengan jiwa tidak kuat , cakra-cakra akan melampaui jiwa dan mengendalikan tubuh bagian bawah, Bertanyalah "Siapakah Bosnya ? Sang Jiwa atau Cakra-cakra ?
Kebajikan diberikan untuk membimbing anda, perkembangan kebajikan haruslah seimbang. Perkembangan satu kebajikan tergantung pada semua kebajikan lainnya. cakra-cakra dan kebajikan saling terhubung satu sama lainnya. Semakin anda mengembangkan kebajikan anda, semakin kuat pula hubungan anda dengan Tuhan. Keunggulan seseorang ada pada kemampuannya melaksanakan kebajikan
Hidup anda harus seimbang. Perkembangan spiritual anda harus seimbang. Alasan mengapa orang mempunyai masalah besar adalah karena mereka memiliki banyak kekurangan dalam karakternya. Kesalahan muncul akibat kesombongan, mencuri, emosi yang kacau tak terkendali, dan keteguhan mempertahankan pendirian serta keadaan yang tidak semestinya. Ingat untuk melemparkan lumpur, jiwa anda harus mengotori diri.
Jiwa yang belum matang akan berkelakuan tidak matang pula. Ini adalah sifat alaminya. Seorang bayi akan bersifat seperti bayi sampai di tumbuh besar. Seorang yang baik tidaklah sepenuhnya baik, demikian juga orang yang jahat pun tidak sepenuhnya jahat.
Dengan tingkat penyatuan diri yang lebih tinggi, akan lebih mudah membentuk karakter. Berhentilah mengidentifikasi diri dengan tubuh fisik. Bila anda tidak mengidentifikasi diri dengan tubuh fisik, sikap ini akan mengaktifkan perkembangan spiritual anda, dan lebih mdah unutk mengenmabngkan cakra-cakra.

Diambil dari buku Golden Lotus " Compassionate Objectivity " karangan Mr.Cho Kok sui

0 komentar:


 

Copyright 2008| Blogger Templates by erwinseusetya modified and converted to Blogger Beta by Blogcrowds.
Yayasan Prana jawa-bali di Surakarta Jl.Urip Sumoharjo no 18 telp 0271-652828 written by erwinsusetya telp 0271-8041186.